Festival Condet 2019 dan Upaya untuk Lestarikan Budaya Betawi

Festival Condet 2019


RELAWAN BARAK -- Festival Condet 2019 yang pada akhir pekan kemarin atau tanggal 27-28 Juli berlangsung di Jalan Raya Condet, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur sukses digelar.

Keberadaan 400 stand yang menjual berbagai macam jenis produk khas Betawi dan tiga panggung hiburan berhasil membuat betah warga.

Ketua II bagian organisasi Perguruan Silat Main Pukul Bandul Potong Condet, Rohman (30) menilai Festival Condet jadi cara melestarikan budaya Betawi di era sekarang.

"Dari mana datangnya cinta, kalau bukan dari mata turun ke hati. Kalau bukan untuk menjaga budaya, kalau bukan kita siapa lagi, istilahnya begitu," kata Rohman di Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (28/7/2019).

Dia mencontohkan satu panggung yang diperuntukkan khusus bagi puluhan perguruan silat menampilkan kebolehan setiap anak didik.

Rohman berharap festival yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB ini dapat meningkatkan marwah budaya Betawi.

"Budaya Betawi, baik secara kuliner, atau kebudayaan bisa mengangkat marwah (kehormatan) tradisi nusantara Indonesia," ujarnya.

Perihal konsep dan waktu pelaksanaan Festival Condet, dia mengaku mempercayakan hal itu sepenuhnya kepada panitia penyelenggara.

Menurut Rohman yang terpenting para pegiat budaya Betawi di masing-masing bidang mendapat tempat dalam Festival Condet. (sumber)
Share on Google Plus

About Wish Me Luck

Anies Baswedan bersama Sandiaga Uno memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta pada 2017 setelah melewati dua putaran. Didukung oleh Gerindra, PKS, PBB, Partai Idaman, SI dan sejumlah elemen masyarakat, pasangan ini menang atas 57,95% suara, dukungan tertinggi dalam pemilihan umum gubernur Jakarta. Anies memulai masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2017.

0 komentar:

Posting Komentar